Khamis, 21 November 2013

Mencegah Kebotakan

Posted: 20 Nov 2013 07:26 PM PST
8 Makanan untuk Mencegah Kebotakan. Problem rambut rontok yang parah apabila dibiarkan begitu saja tanpa perawatan, lambat laun akan menyebabkan kebotakan. Dan sayangnya, kebotakan ini tidak kenal usia. Jadi, sekalipun Anda masih muda, kebotakan itu mungkin saja terjadi.
Mencegahnya sebenarnya ada beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang dapat memperkuat akar rambut seperti vitamin A, B, E, omega-3, dan mineral seperti potassium, magnesium, zat besi, perunggu, zinc dan antioksidan.
Beberapa makanan berikut apabila dikonsumsi sehari-hari dapat membantu Anda mencegah kebotakan. Apa saja sih makanan itu?
  1. Telur
    Seperti yang Anda ketahui, telur mengandung protein dan omega-3 yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut. Telur ini juga merupakan sumber vitamin B yang akan membantu mencegah kebotakan.
  2. Produk susu
    Jika Anda lebih gemar mengonsumsi makanan nabati, setidaknya Anda harus mencukupi kebutuhan Anda dengan mengonsumsi produk susu. Yogurt dan susu rendah lemak, merupakan sumber vitamin A yang baik. Yang akan membantu meningkatkan produksi sebum sehingga mencegah kebotakan dengan cara alami.
  3. Bayam
    Sayuran hijau yang satu ini memang tidak boleh dimakan setelah dipanaskan. Kabarnya akan menghasilkan racun apabila dipanaskan. Namun, bayam kaya akan antioksidan, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Selain itu, ia juga kaya akan potassium, omega-3, zat besi serta kalsium yang membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut.
  4. Kacang-kacangan
    Jika Anda ingin mencegah kebotakan, maka masukan menu kacang di dalam diet Anda. Kacang kaya akan protein, aneka vitamin, serta mineral dan phytochemical yang bermanfaat sekali dalam memecahkan problem kebotakan serta rambut rontok.
  5. Kacang merah
    Anda mungkin sudah berpikiran negatif ketika melihat kacang merah ada di dalam mangkuk salad. Tetapi, memang sebaiknya kacang merah yang Anda konsumsi karena ia dapat menyediakan protein, mineral serta mencegah kebotakan.
  6. Ikan
    Kandungan protein di dalam ikan sangatlah baik untuk membantu pertumbuhan rambut. Khususnya ikan salmon, tuna, mackerel dan ikan cod yang merupakan sumber terbesar dari protein serta omega-3.
  7. Wortel
    Untuk mencegah kebotakan dan kerontokan rambut, asupan vitamin A dan betakaroten dari wortel ini akan sangat penting. Fungsinya adalah membantu memproduksi sebum di kulit kepala yang akan memicu pertumbuhan rambut.
  8. Oatmeal
    Awali hari Anda dengan oatmeal sebagai menu sarapan pagi. Oatmeal mungkin sepertinya remeh, namun punya banyak kandungan vitamin, mineral, protein, potassium, zinc, copper, magnesium, zat besi serta fosfor.Membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak mengonsumsi junk food yang bikin gemuk dan malah mengganggu pertumbuhan rambut.
Kini mengatasi kerontokan rambut dan kebotakan tidak lagi dengan cara yang tidak menyenangkan. Tetapi Anda cukup bereksperimen saja dengan makanan-makanan Anda.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan