Isnin, 20 Januari 2014

Sesak Napas

Cara lain untuk Mengatasi Sesak Nafas bisa dilakukan dengan cara berikut:
    • Jalan keluar untuk mengatasi sesak nafas yang paling cepat adalah berada pada lingkungan hijau dan lapang. Jika tidak memiliki kemampuan untuk sering pergi keluar kota, ke gunung atau laut, tanamlahpohon berdaun hijau lebat di sekitar tempat tinggal yang akan memproduksi banyak oksigen dan menyerap polusi. Setiap saat menemukan lingkungan hijau dan bersih, berjalan kakilah dan hirup udara dalam-dalam.
    • Para penyandang sesak nafas kronis sebaiknya menghindari konsumsi bahan susu berlebihan, gula putih, permen, tepung dan nasi putih. Jika nafas sudah mulai teratur, makanan itu dapat dikonsumsi dalam jumlah sedikit untuk melihat reaksi tubuh. Dalam waktu yang sama konsumsi buah dan sayuran dalam jumlah banyak. Minum air hangat 6-8 gelas per hari.
    • Jika sesak nafas diiringi flu atau demam, makanlah sup yang dibumbui bawang merah, bawang putih, lada, kayu manis, jahe dan cengkih. Bumbu tersebut dapat membantu membuka sumbatan pada saluran nafas.
    • Mengelola emosi sangat penting untuk menyembuhkan masalah pernafasan. Banyak cara yang bisa dilakukan seperti berpikiran positif, menghilangkan ketakutan yang tidak beralasan, bahkan sering tersenyum akan sangat membantu. Namun demikian cara mengelola emosi yang tepat hanya diketahui oleh pribadi masing-masing.
    • Olahraga yang menggerakkan punggung atas dan dada sangat membantu mengalirkan darah dan energi penyembuhan. Perlu diingat jika kita merawat tubuh dan pikiran, imbal baliknya adalah kenikmatan yang tak terkira.
    • Untuk mengatasi sesak napas, biasanya obat yang diberikan adalah obat-obatan yang melebarkan saluran pernapasan yang menyempit.
    • Untuk menghindari sesak napas terjadi secara berulang, perlu diketahui dan diobati penyebab terjadinya sesak napas, misalnya; obat tbc bila sesak napas karena penyakit tbc, obat asma bila karena penyakit asma.
    • Sedangkan sesak napas yang sifatnya ringan pada wanita hamil, tidak memerlukan obat pereda sesak napas. Sesak napas yang ringan umumnya tidak berbahaya dan tidak mempengaruhi jumlah oksigen yang didapat bayi dalam kandungan.  Namun bila wanita hamil tersebut mengalami sesak napas yang berat dan atau mempunyai penyakit asma, konsultasikanlah segera ke dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat bagi ibu dan bayi yang dikandungnya. Untuk mengatasi sesak napas pada wanita hamil disarankan untuk menjaga postur tubuh dengan benar, seperti duduk atau berdiri dengan tegak, kurangi dan perlambat pergerakkan anda, seperti berjalan dengan lebih lambat, memberi sandaran pada tubuh bagian atas saat tidur.
    Cara Mengatasi Sesak Napas dengan Obat Tradisional / Obat Herbal:

    Daun kemangi biasanya digunakan sebagai lalapan atau sebagai menghilangkan bau amis. Ternyata tidak hanya itu, daun kemangi juga berkhasiat untuk mengatasi sesak napas, batuk rejan, dan rematik. Berikut cara meramunya.
    • Ambil daun kemangi secukupnya.
    • Remas-remaslah sampai lumat, kemudian berilah 1 sendok makan minyak tanah.
    • Remas kembali sarnpai minyak tanah dan daun kemangi bersatu.
    • Oleskan ramuan ke dada, leher, dan punggung. Tidak begitu lama, ramuan akan bereaksi dan sesak napas pun akan berkurang.
    Sumber: inilah.com, medicastore.com, jawaban.com, tipskesehatankeluarga.com

    Semoga Artikel Tentang Kesehatan - Penyebab dan Cara Mengatasi Sesak Nafas ini bermanfaat.

    1. Ketika Anda menarik napas, merasakan napas Anda datang ke hidung, tenggorokan dan paru-paru dan ke dalam perut. Biarkan otot perut Anda mengembang untuk memindahkan perut Anda ke depan.
    2. Ketika Anda mengeluarkan napas, biarkan perut Anda kembali ke posisi semula dan rileks. Melakukan yang terbaik untuk benar-benar bersantai dada dan tidak menggunakan kekuatan untuk membusungkan itu ketika Anda bernapas. Anda harus merasakan sangat sedikit atau tidak ada rasa udara masuk ke dada Anda.
    3. Pertama, berlatih dengan fokus pada peningkatan dan santai perut Anda lebih rendah. Perut bagian bawah memanjang dari sedikit di atas bagian atas rambut kemaluan Anda ke pusar Anda. Tarik napas sedemikian rupa sehingga perut bagian bawah tidak bergerak dari bawah bagian atas rambut kemaluan Anda. Hindari mengejan atau perasaan tekanan di alat kelamin Anda.
    4. Ketika Anda dapat memperluas dan rileks perut bagian bawah nyaman, alihkan perhatian ke memindahkan perut tengah ketika Anda bernapas, yang bagi kebanyakan orang lebih sulit. Perut tengah memanjang dari pusar Anda hanya sebelum diafragma Anda. Menempatkan tangan Anda pada bagian bawah, menengah dan atas perut Anda ketika Anda bernapas akan memberikan umpan balik yang jelas, apakah dan berapa banyak perut Anda bergerak.
    5. Akhirnya, berkonsentrasi pada perluasan dan santai bagian atas perut Anda diafragma dan solar plexus-persis di bawah tulang rusuk terendah Anda. Cobalah untuk memiliki gerakan diafragma Anda ke bawah saat Anda menarik napas dan ke atas saat Anda membuang napas. Ini akan membantu mendorong udara ke bagian belakang dan atas paru-paru Anda, bagian yang jarang dapat dilakukan. Akhirnya, Anda akan dapat memindahkan semua tiga bagian perut Anda bersama-sama.
    Ketika Anda bernapas, membuat Anda menghirup dan hembuskan halus dan penuh, tanpa ketegangan. Ketika napas Anda penuh, tarik napas berikutnya secara alami dan lancar akan muncul dengan sendirinya. Sebaliknya, jika napas terakhir Anda dangkal dan tidak penuh, tarik napas berikutnya Anda tidak akan mendapatkan dengan lancar. Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk menahan nafas, menelan menghirup atau bahkan hiperventilasi. Dalam dan halus pernapasan memungkinkan Anda untuk mengambil dan menggunakan oksigen lebih banyak, lebih baik melepaskan karbon dioksida dan menenangkan saraf Anda. Seiring waktu, Anda mengambil napas panjang, meningkatkan panjang menghirup dan menghembuskan napas, tanpa ketegangan.
    Untuk mendapatkan rasa bagaimana bernapas dengan lancar dan dalam, latihan pernapasan dari sedotan selama beberapa menit sehari, dengan cara halus dan mantap. Ini akan membantu Anda menyesuaikan kebiasaan pernapasan, dan, dari waktu ke waktu, membantu Anda mengatasi yang minim. Kebiasaan sering seumur hidup pernapasan minim dapat diatasi dengan melatih pernapasan dengan jerami untuk beberapa minggu.
    Menghembuskan napas sepenuhnya akan menyingkirkan karbon dioksida dalam sel dan paru-paru dan mengurangi penumpukan pada sel Anda, yang menghasilkan kelesuan dan menguap, mengurangi kejernihan mental dan meningkatkan stres. Menghembuskan napas sepenuhnya juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menghirup oksigen yang cukup dan membuatnya lebih mudah bagi sel-sel Anda untuk mendapatkan itu.
    Anda dapat melakukan hal ini dalam salah satu dari tiga cara. 
    Yang pertama adalah dengan menghembuskan napas sedikit lebih dari Anda menarik napas. Sebagai contoh jika Anda menghirup selama empat detik, Anda mungkin butuh waktu lima detik untuk menghembuskan napas. Ini adalah metode untuk digunakan saat berlatih pernapasan tanpa melakukan gerakan apapun.Anda akan menggunakan metode ini di Naga dan Gerakan Tiger 1, 3 dan 4. Metode kedua adalah untuk melakukan napas sangat cepat (satu atau dua detik yang sangat paksa). 
    Jika Anda menemukan diri Anda semakin lambat atau menguap, Anda dapat melakukan 3-10 kuat hembuskan dan bangun sendiri. Cepat hembuskan digunakan dalam Gerakan 5 Dragon dan Tiger. Cara ketiga adalah dengan memvariasikan kecepatan menghembuskan napas. Sebagai contoh Anda mungkin menghembuskan 50 atau 60 persen dari napas Anda dalam dua detik dan mengambil empat detik lebih untuk menghembuskan sisa napas Anda. Naga dan Gerakan Tiger 2, 6 dan 7 menggunakan metode ini.
    Fokus pada tidak menahan napas Anda antara akhir sebuah menghirup / napas dan awal menghirup berikutnya / napas. Biarkan satu mengalir ke yang lain sebagai santai dengan cara yang Anda bisa.Menahan napas Anda dapat menyebabkan ketegangan emosional dan berbunyi gemerincing sistem saraf Anda. Bernafas dengan lancar dan merata, tanpa istirahat berhenti-dan-start atau jerkiness. Tanpa sadar menahan nafas baik memicu dan escalates stres.
    Ketika Anda bernapas, menjaga ujung lidah Anda menyentuh langit-langit mulut Anda. (Jika Anda membuat suara “le,” seperti yang diucapkan dalam kata “biarkan,” lidah Anda akan menyentuh tempat yang benar hanya sedikit di belakang gigi depan atas Anda.) Akhirnya, otot-otot pada dasar lidah Anda akan meregangkan sedikit dan memungkinkan Anda untuk mempertahankan posisi ini nyaman, tanpa usaha.Ketika lidah Anda menyentuh langit-langit mulut Anda, terus merangsang dan menyeimbangkan meridian akupunktur semua tubuh Anda.
    Dua belas meridian akupunktur utama tubuh Anda semua terhubung ke titik sepanjang memerintah dan konsepsi kapal, yang merupakan dua dari delapan meridian akupunktur yang luar biasa. Titik-titik di sepanjang kedua meridian khusus antarmuka dengan dan mempengaruhi semua titik akupunktur dan meridian dalam tubuh Anda. Kedua kapal membentuk jalur chi yang disebut “orbit mikrokosmik.” Tempat itu tepat di belakang gigi depan atas Anda pada langit-langit keras Anda adalah titik akupunktur mana yang memerintah dan konsepsi pembuluh bertemu. Pada titik ini, atas mengalir energi dari meridian Yang di belakang perubahan tubuh Anda untuk energi ke bawah mengalir di meridian yin di depan tubuh Anda.
    Teknik ini memiliki 5 Tahap cara meditasi yang harus dilakukan dengan benar sehingga mampu mengaktifkan Chi dan mengalir ke Meridian untuk menyembuhkan diri sendiri dari berbagai macam penyakit. Dalam melatih dan menguasai tahapan-tahapan tersebut perlu bimbingan instruktur supaya hasil meditasi yang dicapai efektif dan optimal.
    Tidak ada keuntungan dalam membiarkan ketegangan dalam tubuh Anda, dengan berusaha untuk mengambil lebih lama menghirup dan hembuskan. Karena nafas adalah fungsi utama manusia, sangat mungkin untuk negatif pola sendiri dan mengunci ketegangan dalam sistem saraf Anda dengan memaksa napas Anda. Jika napas diinduksi pondok-pondok ketegangan dalam sistem saraf, ketegangan dan stres akan jauh lebih besar daripada manfaat bernapas pelan, lembut dan sangat dalam dengan cara yang santai. 
    http://www.energyarts.com


    Tiada ulasan:

    Catat Ulasan